Pigmented Lesion (Flek, Frekles, melasma, Nevus Ota, Becker’s Nevus, café au lait dll)

Bercak pigmen pada kulit dapat timbul pada siapa saja. Gangguan pigmentasi kulit ini disebut juga hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi adalah masalah kulit akibat peningkatan pigmen kulit, ditandai dengan warna kulit/ bercak cokelat atau hitam.
Hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain: paparan sinar matahari yang berlebihan(>>), hormon(kontrasepsi), kelainan genetic, gangguan metebolik, gangguan nutrisi, infeksi, alergi, dan stress.
Macam-macam jenis hiperpigmentasi :

  • Melasma

Hiperpigmentasi yang sering ditemukan, terjadi di daerah terpapar sinar matahari muka. Penyebab tidak jelas diduga factor hormonal, pajanan sinar matahari, pil KB, terapi hormone, kosmetik, tumor ovarim dll. Paling sering dijumpai pada wanita usia subur. Bentuk berupa bercak tidakteratur pada wajah. Pipi, bibir atas, dagu, dan dahi adalah lokasi yang paling umum, tetapi kadang-kadang dapat terjadi di berbagai lokasi terkena sinar matahari.

  • Freckles
Kelainan berupa bercak kecil coklat muda (lebih kecil dari lentigo) di daerah terpapar sinar matahari. Paling sering terlihat orang kulit putih atau berkulit terang
  • Lentigo
Penigkatan jumkah pigmen pada lapisan permukaan superficial kulit/ epidermis, warna bervariasi dari coklat muda sampai hitam pekat diameter 1 mm sampai beberapa cm, biasanya terdapat di darah tangan, muka, lengan bawah, punggung, leher dan dada.
  • Keratosis seboroik
Seborrheic Keratosis adalah kutil/tumor jinak berwarna coklat muda- coklat gelap, sering ditemukan di wajah atau tubuh pada usia pertengahan/setengah baya. Keratosis seborrheic sering disertai penebalan epidermis. Seborrheic Keratosis bervariasi dalam ukuran, biasanya antara beras yang dari biji-bijian dan kacang. adalah lesi kulit sangat umum dalam bentuk plate yang agak menonjol.
  • Hiperpigmentasi pasca inflamasi
Bercak yang timbul karena proses radang. Dapat disebabkan oleh obat, infeksi, trauma, reaksi alergi, reaksi foto toksik.
  • Nevus ota
Bercak pigmen biru kecoklatan atau abu-abu kecoklatan, khas timbul di satu sisi wajah, di daerah sekitar mata, dahi, pipi dan pelipis. Paling sering pada orang asia, terutama wanita. Dapat terjadi dari bawaan lahir dan dapat juga muncul pada masa anak-anak dan pubertas.
  • Becker’s nevus
Bercak hiperpigmentasi yang ditemukan oleh Becker tahun 1949, paling sering pada daerah scapula/ tulang belikat/kulit punggung walau pun dapat juga ditemukan di tempat lain. Biasanya disertai dengan pertumbuhan rambut yang berlebih pada daerah bercak.
  • Café au lait
Bercak hiperpigmentasi berwarna coklat/ kopi susu berbatas tegas dan tidak teratur dengan ukuran bervariasi 0,5cm- >20cm. Tanda lahir ini lembut dan berbentuk oval. Tanda ini biasanya ditemukan di badan, pantat, dan kaki.Tanda ini bisa membesar dan warnanya bertambah gelap seiring usia, tetapi tidak dipertimbangkan menjadi masalah kesehatan

Cara mengatasi dan mengobati hipermigmentasi adalah dengan pemeriksaan yang tepat ,diagnosa yang tepat, pengobatan dan pencegahan yang tepat pula. Pengobatan disesuaikan dengan jenis kelainannya, dapat berupa obat topical( misalnya krem whitening), peeling( pengelupasan kulit), microdermabrasi, obat sistemik ( vitamin C dan glutation), mesoteraphy,bedah dan terapi menggunakan laser ( Q-Switch Nd:yag, Ruby dan Alexandrite) atau kombinasi terapi. Serta jangan lupa untuk memakai tabir surya secara teratur untuk pencegahan

Skin Care Clinic / Klinik Skin Care yang bisa membantu anda diantaranya:

Natasha Skin Care
Inasa Clinic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: